Pantai Timang Lebih Banyak Dikunjungi Wisatawan Manca

Pengunjung asal Malaysia berfoto di salah satu spot foto di Pantai Timang. KH/ Kandar

TEPUS, (KH)— Dilihat dari jumlah kunjungan, Pantai Timang yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus memang tidak seramai pantai Baron, Kukup apalagi Pulang Sawal. Pantai bertebing dengan pulau kecil di depan bibir pantai ini memang belum begitu dikenal luas.

Tetapi ada hal menarik apabila ditelisik lebih jauh. Dari keseluruhan kunjungan dalam periode waktu tertentu, pengunjung dari manca negara lebih banyak dibanding wisatawan domestik. Apabila dihitung dari sekian jumlah kunjugan, wisatawan manca rata-rata terdapat 60 persen.

Hal ini disebutkan salah satu anggota kelompok penyedia wahana jembatan gantung, Siran (43). Menurutnya Pantai Timang lebih populer di luar negeri ketimbang di Indonesia. “Paling banyak dari Malaysia,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Kondisi ini berlangsung sejak wahana penyebrangan hanya terdapat satu media saja, yakni Gondola. Terjadi hingga kini setelah ditambah satu media berupa jembatan gantung sepanjang sekitar 120 meter.

Hal senada juga diungkapkan Linggar, sekertaris Pokdarwis Rukun Samudra sekaligus anggota kelompok penyedia jasa penyebrangan dengan media Gondola. Ia mencontohkan, apabila terdapat 30 wisatawan yang menyebrang dengan alat semacam kereta gantung ini, setidaknya sekitar 20-an wisatawan datang dari luar.

“Sepertinya karena pernah diliput media dari Korea dan Malaysia. Banyak yang menyebut Pantai Timang Populer di sana,” terang Linggar.

Kelompok jasa penyebrangan Gondola pun memberlakukan tarif yang berbeda. Jika wisatawan domestik satu kali penyebrangan Rp. 150.000, sedangkan wisatawan asing seharga Rp. 200.000.

Nampak kawasan Pantai Timang semakin berkembang. Saat ini telah terdapat setidaknya 3-5 warung yang menyediakan makanan dan minuman. Tidak jauh dari area parkir juga dilengkapi dengan MCK. Selain itu juga ada gazebo dan spot khusus untuk foto.

Facebook Comments

Related posts

Leave a Comment