Oleh-oleh Aneka Minuman Herbal Dari Gunungkidul

oleh
Aneka minuman herbal menjadi oleh-oleh produk asli Gunungkidul. (K)

Oleh-oleh dari Gunungkidul semakin beragam. Sebelumnya tenar lebih dulu beberapa kuliner khas seperti tiwul, gatot, dan belalang goreng. Saat ini sudah banyak beredar ragam oleh-oleh lain diberbagai toko oleh-oleh di Gunungkidul. Aneka minuman herbal menjadi pilihan oleh-oleh yang dihadirkan atau buah karya dari warga Wonosari, Yuniari.

Cukup banyak. Produk minuman herbal, diantaranya; secang, beras kencur, bandrex, kunir asem, sari jahe, nonifit, curminoid, jahe merah, sirih wangi, kunir asem, beras kencur, temu lawak, kunir putih, kulit manggis, dan sari rapet.

Alasan pembuatan aneka minuman menyehatkan tersebut salah satunya karena dirinya prihatin atas tersediannya bahan baku yang belum tergarap maksimal. Aneka tanaman empon-empon seperti jahe, kunyit, kunir, temu lawak, kencur yang tumbuh di kebun-kebun memiliki banyak potensi manfaat jika diolah.

“Tentunya manfaat bertambahnya nilai jual, daripada dijual saat masih dalam kondisi bahan baku. Selisihnya cukup banyak,” kata Yuniari beberapa waktu lalu.

Kemampuan mengolah aneka bahan dari kebun ‘apotik hidup’ itu diperoleh saat bekerja sebagai herbalis di perusahaan produk herbal ternama.

Produknya diolah secara higienis dan tanpa tambahan bahan pengawet. Tersedia dalam bentuk sachet ukuran satu cangkir serta dalam kemasan seberat 180 gram.

Manfaat dari produk-produk tersebut baik bagi kesehatan. Dapat pula membantu penyembuhan atas gejala penyakit yang menyerang tubuh. Temulawak melawan hepatitis (peyakit kuning), anti radang, maag, melancarkan air seni, dan penambah nafsu makan. Kunir Putih mencegah keputihan, kangker, jerawat, tumor, bisul, prostat dan nyeri sendi. Kunir Asem menghilangkan nyeri haid, gangguan pencernaan dan antibiotic alami.

Sirih Wangi mencegah bau badan, sebagai antiseptic, sariawan, dan untuk masalah kewanitaan. Sari Jahe untuk perut kembung, stamina dan masuk angin, Jahe Merah baik bagi Migrain, reumatik, asam urat dan melancarkan peredaran darah, dan lain-lain.

Layanan penjualan produk oleh-oleh herbal Yuniari juga dilakukan melalui penjualan online dan dikirim melalui jasa pengiriman paket. Pemesan dapat menghubungi sms/ telp : 0852 9034 4905 atau WA 081 802 731 686.